Yanny Tan Padukan Seni Batik dalam Fashion Modern

0 9

Yanny Tan Padukan Seni Batik dalam Fashion Modern

Cinta terhadap seni dan budaya Indonesia memang tak lengkap rasanya jika tidak dituangkan pada sebuah karya. Kecintaan ini terutama pada batik yang mendasari desainer Yanny Tan berkarya selama 10 tahun di dunia fashion.

Kali ini , Yanny Tan unjuk gigi dengan menggelar peragaan busana tunggal yang bertajuk Nature’s Poetry Couture Collection 2019, Rabu (21/11). Busana yang disuguhkan bercerita tentang alam nan indah yang tertuang dalam motif batik tulis di atas kain tenun sutra.

Kesan unik nan elegan terlihat melalui teknik tie dye yang berpadanan selaras dengan bahan-bahan masa kini seperti organdy sutra, embroidery, dalam potongan modern seperti gaun. Lewat koleksinya kali ini, Yanny membawa kesan tenang yang ia tunjukkan lewat permainan warna alam seperti hijau dan unsur tanah seperti merah bata.

Keseluruhan busana dibalut dalam gaun yang loose menandakan kebebasan berekspresi dan bergerak seperti di alam. Selain itu, terdapat sentuhan beads di atas lurik dan bahan lain yang didominasi warna kehijauan terlihat menyatu dengan manik-manik keemasan.

Walau busana yang diciptakan merupakan paduan batik tie dye dengan desain yang mengikuti perkembangan zaman, Yanny Tan tetap tidak meninggalkan pakem dan identitasnya bahwa ia tetap berada pada garis yang klasik kebudayaan Jawa.

Dalam menciptakan sebuah busana batik, Yanny Tan tak pernah main-main. Untuk mencapai suatu titik kepuasan disetiap karyanya, Yanny Tan menciptakan material bahan sendiri juga motif-motifnya. Selama fashion show berlangsung Yanny Tan menampilkan 47 set gaun cocktail.

Termasuk empat setelan busana pria. Diiringi oleh musik karya Tony Prabowo yang mengadaptasi dari puisi Goenawan Mohamad. Musik tersebut sudah dibuat beberapa tahun lalu dan dituangkan dalam instrumental dan vokal.

Source https://www.jawapos.com/ https://www.jawapos.com/entertainment/lifestyle/22/11/2018/yanny-tan-padukan-seni-batik-dalam-fashion-yang-modern
Comments
Loading...