Workshop Batik Bayat

0 179

Workshop Batik Bayat

Workshop merupakan pelatihan kerja, yang meliputi teori dan praktek dalam satu kegiatan terintegrasi. Workshop juga diartikan sebagai tempat tenaga kerja (tempat pembuatan batik/proses pembuatan batik) melakukan kegiatan dari awal sampai akhir proses kerja yang didukung dengan alat-alat kerja.

Di Desa Jarum merupakan daerah tempat tinggal para perajin batik. Daerah ini terdapat 25 yang telah membuka pintunya untuk wisatawan. Disana dengan leluasa dapat mengunjungi workshop pembuatan batik, mulai pembuatan batik tulis dan cap serta batik kayu dan patung. Pemerintah Klaten bekerja sama dengan dinas perindustrian perdagangan koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Kabupaten Klaten untuk mengadakan pelatihan ketrampilan membatik. Dengan berbicara materi tentang pengembangkan ketrampilan membatik, manajemen, kewirausahaan dan teknik pemasaran dengan tujuan sebagai wawasan sehingga mereka akan mandiri dan lebih siap dalam menghadapi persaingan pasar.

Workshop yang di adakan Desa Jarem bertujuan untuk memperkenalkan kepada para wisatawan atau masyarakat yang datang ke Desa Jarum untuk dapat mengenal dan berlatih bagaimana cara membuat kain batik dengan desain yang bagus. Sekaligus dapat mempromosikan batik yang berasal dari Desa Jarum kepada wisatawan dari luar daerah ataupun dalam daerah.

Source http://lib.unnes.ac.id/20798/1/5401410035-s.pdf
Comments
Loading...