Wonogiri Punya Potensi Kampung Batik

0 121

Wonogiri Punya Potensi Kampung Batik

Tidak cuma wisata alam dan budaya yang potensinya ada di Kabupaten Wonogiri. Potensi wisata dengan pengoptimalan komunitas lokal pun ada. Salah satunya kampung batik.Terdapatnya potensi kampung batik di Wonogiri terlontar dari Kantor Penanaman Modal (KPM). Kepala KPM Stefanus Pranowo melalui salah satu Kasubagnya, Valentina Purbaningrum menyebut kampung batik sudah ada embrionya dan tinggal memberikan sentuhan sekaligus mengembangkannya. “Lokasinya di Desa Banyakprodo Kecamatan Tirtomoyo. Disana banyak warga yang memiliki usaha membatik.

Rata-rata ketrampilan membatik didapat secara turun-temurun. Jadi sudah ada embrionya, dan menurut kami sangat pantas dikembangkan menjadi kampung batik,” ujar Mbak Ningrum. Pengembangan kampung batik Banyakprodo bisa mengacu pada konsep CBT (Community Base Tourism). Dimana telah ada komunitas warga berproduk disana dan cocok diarahkan ke ranah wisata. Langkah ini tentunya bisa mendatangkan keuntungan bagi masyarakat, dunia usaha, atau pemerintah.

Arifin Ahmadi salah satupebisnis batik yang juga mengatakan bahwa, Banyakprodo tepat jika dikembangkan menjadi kampung batik. Dirinya percaya kebijakan tersebut bisa menaikkan pamor daerah sekaligus daya saing daerah yang berdekatan dengan obyek wisata spiritual Kahyangan tersebut.

Source http://www.timlo.net/ http://www.timlo.net/baca/74764/wonogiri-punya-potensi-kampung-batik/
Comments
Loading...