infobatik.id

Wisata Edukasi Di Kampung Batik Bandung

0 6

Wisata Edukasi Di Kampung Batik Bandung

Ditetapkanya kawasan Cigadung sebagai “Kampung Batik” oleh Pemkot Bandung. Menambah daftar kawasan kreatif di kota Bandung. Promosi ini tidak hanya menyentuh ranah pariwisata daerah, tetapi juga sebagai sistem edukasi bagi masyarakat.

Sebagai warisan budaya nusantara, sudah selayaknya batik dilestarikan. Kampanye pelestarian batik terhenti hanya pada pengenalan sejarah, teknik membuat pola, serta penggunaan batik dalam kehidupan sehari-hari.

Adanya kampung Batik Cigadung seolah menjadi solusi. Wargi Bandung tidak hanya bisa belajar dan mengenal mengenai beragam motif batik, tapi juga bisa memahami kandungan nilai yang terdapat dalam setiap guratan motifnya.

Di Cigadung setidaknya ada dua destinasi wisata batik, yaitu Batik Komar dan Batik Hasan. Jalan menuju Kampung Batik Cigadung ini cukup mudah. Jika datang dari arah tol Pasteur, tinggal lurus ke naik Fly Over Pasupati menuju perempatan Pahlawan.

Setelah itu belok kiri menuju jalan Cikutra lalu belok kanan menuju jalan Cigadung. Batik bukan hanya soal kain, serta teknik, jauh didalamnya ada beragam makna yang bisa digali. Tak salah jika kita semua harus kembali belajar membatik. Karena dari batik milik kitalah nilai-nilai luhur tertuang.

Source http://www.infobdg.com/ http://www.infobdg.com/v2/wisata-edukasi-di-kampung-batik-bandung/
Comments
Loading...