Wayang Suket Bakal Dijadikan Motif Batik Khas Purbalingga

0 47

Wayang Suket Bakal Dijadikan Motif Batik Khas Purbalingga

Wayang suket, sebagai salah satu kekayaan seni di Jawa pernah populer puluhan tahun lalu. Namun, saat ini wayang dengan bahan rerumputan khusus ini sudah amat jarang ditemui.

Padahal wayang unik ini adalah salah satu kekhasan Purbalingga, Jawa Tengah. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Purbalingga berencana menjadikan wayang suket sebagai salah satu motif batik khas Purbalingga.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Purbalingga, Edhy Suryono mengatakan, motif wayang suket ini bisa dijadikan ikon motif batik khas Purbalingga selain motif Lawa yang memang sudah berkembang pesat dan dikenal oleh berbagai kalangan.

“Wayang suket ini karena kita punya potensi kerajinan wayang suket yang hanya satu-satunya di Indonesia bahkan dunia. Wayang suket ini kan hanya ada di Purbalingga sehingga potensi ini akan kita kembangkan ke depan untuk menjadi salah satu motif batik khas Purbalingga,” katanya.

Sebab itu, Pemkab bakal menggelar lomba Desain Motif Batik bertema Wayang Suket. Lomba desain batik kali ini memang sengaja mengambil tema Wayang Suket, hal ini guna memperkenalkan potensi yang ada di Purbalingga.

Purbalingga, lanjutnya, memang memiliki beragam potensi yang bisa dituangkan menjadi motif batik khas Purbalinga baik motif batik tulis, cap maupun diaplikasikan dalam pakaian. Wayang suket bakal unik jika dijadikan sebagai motif batik.

“Untuk lomba desain motif batik khas Purbalingga Wayang Suket harus aplikatif sebagai batik tulis, batik cap dan pakaian,” ujarnya.

Eddy menjelaskan lomba desain batik khas Purbalingga dengan tema Wayang Suket dapat diikuti oleh masyarakat Purbalingga, baik dari pelajar, mahasiswa, pengrajin batik maupun profesi lainnya yang dibuktikan dengan KTP Purbalingga.

Caranya, peserta membuat desain batik berwarna pada media kertas manila putih berukuran A3. Lantaran bertema wayang suket, motif batiknya harus menonjolkan ikon Wayang Suket dan diberikan judul yang singkat tapi padat makna.

Kriteria penilaian lomba desain batik khas purbalingga dinilai dari segi originalitas karya desain, komposisi warna dan kerapihan. Karya bisa dikirimkan ke Bagian Perekonomian Setda Purbalingga.

Source https://www.gatra.com https://www.gatra.com/rubrik/budaya/seni/352770-Wayang-Suket-Bakal-Dijadikan-Motif-Batik-Khas-Purbalingga
Comments
Loading...