Warna-Warni Komunitas Pecinta Batik di Malang, Berjuang Majukan Fashion Batik

0 56

Warna-Warni Komunitas Pecinta Batik di Malang, Berjuang Majukan Fashion Batik

Ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai warisan budaya dunia, batik adalah kebanggaan kita sebagai bangsa Indonesia. Ini pula yang mendorong Fikrah Ryanda Saputra membentuk komunitas pecinta batik di Malang. Fikrah tak asing dengan kain batik. Sebab pria 23 tahun ini juga punya usaha fashion berbahan batik. Batik Ngalam Community, jelas Fikrah, adalah komunitas yang ia bangun karena sering bertatap muka dengan kawan-kawan sesama pengrajin batik.

“Awalnya aku ikut pelatihan membatik dari dinas koperasi. Niatnya supaya menambah wawasan tentang motif batik. Tapi dari pelatihan itu aku menemukan banyak ibu-ibu pengrajin batik yang belum berkembang. Akhirnya aku coba tawarin yuk sama-sama maju dengan bikin komunitas,” jelasnya. Ia pun mengajak puluhan orang bergabung di komunitas tersebut. Ada pengrajin hingga desainer batik. “Ada yang murni pembatik. Dan ada juga yang pelaku kriya memanfaatkan batik buat produknya,” kata dia.

Menurut Fikrah, komunitas yang ia bangun itu bertujuan untuk sharing usaha fashion. Mereka pun melakukan berbagai aktivitas mulai tukar pikiran hingga rutin melakukan pertemuan. “Batik itu prosesnya butuh kesabaran. Dan lakunya belum tentu cepat. Banyak hal faktornya. Mulai dari harga, kapasitas produksi tiap pengrajin, dan banyak hal,” ungkap dia. Fikrah mengatakan mereka rutin mengadakan pertemuan. Dalam Minggu ini, ia dan 60 teman-teman di Batik Ngalam Community bakal foto produk.

“Iya kami rutin untuk nyanting bareng dan kumpul berasama membahas bisnis masing-masing dan dipecahkan bersama. Belajar meningkatkan wawasan tentang batik. Mulai dari proses mencanting sampai proses menggerakkan bisnisnya,” jelasnya. Ditanya tentang motif batik Malang-an, ia mengakui belum banyak produsen yang keluarkan motif ini di pasaran. “Belum semua kuat batik Malangan secara motif. Kami masih terus belajar dan menggali potensi tersebut,” papar dia. 

Source https://www.malangtimes.com/ https://www.malangtimes.com/baca/31017/20180905/190500/warnawarni-komunitas-pecinta-batik-di-malang-berjuang-majukan-fashion-batik/
Comments
Loading...