Warna dan Motif Batik Malang

0 725

Warna dan Motif Batik Malang

Batik Malang memang belum seterkenal dengan batik yang ada di daerah Jawa namun keindahaan Batik Malang tidak kalah bagusnya dengan batik yang ada di daerah lain karena memiliki corak batik tersendiri yang khas dan unik seketika.

Batik Malang antara lain mempunyai Motif Sawat Kembang Pring (Motif Bambu Jawa Sakbarong) Dele Kecer (hijau-merah) Teratai Singo Kembang Kopi (gambar kopi dibelah dua berwarna hitam) Kembang Juwet (biru-hijau) Kembang Tanjung (kuning-sawo matang bentuk bunga bulat tengah pinggir bergerigi) Kembang Jeruk (coklat) Kembang Manggar (putih-kuning) Kembang Mayang (merah-kuning) dan Kembang Padma (teratai) dan lain sebagainya unik pokonya.

Ciri khas dari Batik Malangan tersebut dapat diperoleh dari candi-candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Kanjuruhan dari abad ketujuh tempo dulu. Salah satu motif yang unik dan khas dari Batik Malang yaitu Motif Malang Kucecwara malang. memiliki filosofi yang mendalam yaitu terdapat simbol gambar Tugu Malang Mahkota Rumbai Singa Bunga Teratai Arca dan Sulur-sulur serta isen isen belah ketupat bentuknya.

Batik Malang terkenal dengan motif batiknya yang cenderung cerah, misalkan saja warna hijau kemudian di timpa dengan warna putih, kemudian bahan berwarna putih di timpa dengan merah. Rata – rata Batik Malangan ini memiliki pola seperti bunga dan tanaman, walaupun memang ada beberapa motif yang menggambarkan kejujuran, keberanian, dan singosari, seperti misalnya Motif Malangan yang hanya bermain di warna saja tanpa adanya pola yang membentuk sebuah benda.

Source http://batikmalangbyputriayu.blogspot.co.id/ http://batikmalangbyputriayu.blogspot.co.id/2015/10/batik-malang.html
Comments
Loading...