infobatik.id

Warna Budaya Batik Cirebon

0 32

Warna Budaya Batik Cirebon

Adanya percampuran budaya masyarakat daerah Cirebon dan pendatang, maka terlahirlah batik-batik warna terang dan cerah dengan bercorak/motif yang beraneka ragam, bernama Mega Mendung, Paksi Naga Liman, Puteri Cina, dan masih banyak lagi. Semua batik tersebut dikenal dengan sebutan Batik Cirebonan. Sejarah Cirebon sebagai kota pelabuhan yang menjadi persinggahan para pedagang dari Tiongkok, Arab, Persia dan India,  menciptakan tradisi baru dan budaya baru daerah pesisir ini. Dari sebuah proses asimilasi budaya dan tradisi religius para pedagang tersebut, maka berpengaruh pada sedikit banyak budaya di Cirebon. Tak terkecuali dalam seni membatik. Desa pengrajin batik yang berdiri sejak abad 14  yaitu desa Trusmi, sebelum datang pengaruh dari bangsa asing, membatik dengan corak yang sangat terbatas. Barulah saat proses percampuran budaya dari luar, motif dan warna batik di Cirebon menjadi beraneka ragam, hingga saat ini.

Warna-warna Batik Cirebon yang memiliki ciri khas berwarna cerah dan terang, sebenarnya dipengaruhi oleh proses asimilasi tersebut. Misalnya, warna merah, kain batik berwarna merah, sebenarnya dipengaruhi oleh budaya orang-orang Tiongkok yang terkenal senang menggunakan warna-warna terang, terutama warna merah. Dalam motif, budaya Tiongkok memiliki pengaruh yang besar dalam motif mega mendung. Tiongkok punya ciri khas gambar awan yang berbentuk bulatan, dari motif tersebut, pengrajin menciptakan motif mega mendung, dengan ciri gambar awan tapi sisinya berbentuk lancip seperti segitiga.

Motif lain yang dipengaruhi oleh dari kebudayaan Tiongkok adalah motif Paksi Naga Liman. Tapi bedanya, motif ini juga dipengaruhi oleh budaya islam dan India. Ini tergambar dari motif-motif yang menggambarkan peperangan. Masuknya bangsa Eropa di Cirebon, juga berpengaruh pada perkembangan motif-motif batik di Cirebon, maka dari itu seringkali ditemukan motif batik cirebon dengan motif bunga tulip, kereta kuda dan gadis belanda. Meski banyak motif batik yang diadaptasi dari luar, tapi, batik dengan motif tradisional Cirebon masih tetap dipertahankan dan sampai saat ini masih dipakai dalam upacara-upacara tradisi, misalnya motif keraton, singa barong dan singa payung.

Source https://ceritakain.wordpress.com/ https://ceritakain.wordpress.com/2012/01/21/cirebon-2/
Comments
Loading...