Warna Batik Tulis Sekar Jagad

0 133

Warna Batik Tulis Sekar Jagad

Motif Sekar Jagad sebenarnya sudah ada di daerah perbatikan lainya seperti Yogya dan Solo, motif ini mengandung makna kecantikan dan keindahan. Dalam bahasa Jawa Sekar berarti bunga, Jagad berarti dunia, bentuk dasar motif ini berupa aneka bunga dan tanaman yang tumbuh di seluruh dunia, tersusun di dalam bentuk-bentuk elips.

Pesona Tembakau ini berbeda dengan Motif Sekar Jagad pada umumnya karna bentuk dasar motif ini terdiri dari daun tembakau, bunga tembakau, Rigen, dan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan pertanian tembakau. Penggunaan warna-warna dingin (biru dan hijau) dalam desain ini lebih dengan dikombinasaikan warna panas (kuning), dan warna netral (biru menuju hitam). Warna biru biru gelap terjadi karena pencampuran warna biru dan hitam.

Warna kuning, biru dan hijau dalam desain ini menonjol pada dasar latar yang berwarna biru gelap, hal ini juga didukung dengan warna putih pada kontur atau outline motif utama, tambahan dan isen-isen membuat motif-motif tersebut terlihat jelas. Kecerahan warnanya terdapat pada warna kuning yang terdapat pada Motif Bunga, meskipun warna kuning tergolong panas, namun secara keseluruhan warna yang digunakan ini tetap mempunyai intensitas yang rendah.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...