Warna Batik Tulis Ron Mbako

0 158

Warna Batik Tulis Ron Mbako

Motif Ron Mbako adalah motif yang menggambarkan daun tembakau, dimana motif utama ron mbako merupakan stilisasi dari bentuk daun tembakau. Unsur pembentuk motif ini berupa bentuk daun tembakau sebagai motif utamanya. Pada karya ini tidak menggunakan isen-isen dalam pengisisan motifnya. Batik ini digolongkan dalam motif modern karena susunan motifnya ditempatkan secara bebas menyilang dan saling menumpang tanpa menggunakan motif tambahan sebagai penghiasnya.

Warna yang digunakan adalah warna panas yaitu orange sebagai latar (background) dikombinasikan dengan warna netral yaitu hitam yang terdapat pada sebagian motif daun. Penggunaan warna orange terjadi pencampuran warna merah dan kuning, sehingga warna orange termasuk warna sekunder. Warna hitam pada sebagian motif daun dalam desain ini menonjol karena pada dasar latar yang berwarna kontras.

Kecerahan warnanya terdapat pada warna putih yang terdapat pada outline atau kontur motif sehingga motif-motifnya terlihat sangat menonjol. Repetisi warna terdapat pada penggunaan warna hitam sebagai pewarna beberapa motif daun. Warna orange ini mempunyai bobot atau intensitas yang lebih tinggi.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...