Warna Batik Tulis Ron Abstrak

0 275

Warna Batik Tulis Ron Abstrak

Batik Ron Abstrak digolongkan dalam motif modern karena susunan motifnya tidak sama dengan motif batik tradisi yang terdiri tiga bagian pada motifnya, yaitu motif utama, motif tambahan dan isen-isen. Pada batik ini mempunyai motif utama yaitu stilisasi bentuk daun tembakau, sedangkan pada motif ini tidak terdapat motif tambahan, namun banyak menggunakan isen-isen bebas dalam penyusunan polanya. Pada karya batik tulis ini mempunyai motif utama yaitu, stilisasi bentuk daun tembakau.

Proses pewarnaan yang terdapat pada Batik Ron Abstrak dengan menggunakan pewarna sintetis. Dimana warna-warna yang digunakan adalah warna bertemperatur dingin, namun dapat dikatakan tidak murni dingin karna terdapat warna panas pada beberapa bagian motifnya. Warna yang digunakan pada karya ini antara lain: biru muda terang sebagai latar (background) dikombinasikan dengan warna hijau tua, biru gelap, merah, kuning dan coklat terang pada motif, dengan banyaknya variasai warna yang terdapat pada karya ini membuatnya lebih menarik, ini didukung dengan banyaknya repetisi warna.

Warna putih digunakan sebagai kontur untuk memperjelas desain motif-motifnya agar lebih menonjol. Kecerahan warnanya terdapat pada warna biru muda terang pada warna dasar kain, sedangkan warna pada motif-motifnya lebih menonjol. Secara keseluruhan warna yang tampak pada batik tulis ini memberikan kesan dingin meskipun terdapat beberapa motif dengan warna-warna panas.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...