Warna Batik Tulis Rigen Mbako

0 156

Warna Batik Tulis Rigen Mbako

Batik Rigen Mbako merupakan pengembangan dari motif ron mbako dimana motif daun tembakau tetap menjadi motif utama dan rigen hanya sebagai motif tambahan dalam penciptaan motifnya. Motif batik ini terdiri dari tiga bagian pada motifnya, yaitu motif utama, isen-isen dan motif tambahan. Pada batik ini mempunyai motif utama daun tembakau. Isen-isen yang digunakan antara lain isen sisik, tritis, cecek, dan kembang kecer yang kemudian dikembangkan lagi.

Warna yang terdapat pada batik tulis ini memiliki temperatur warna yang hangat karena penggunaan warna coklat yang cenderung lebih menonjol, dibandingkan warna merah meskipun warna merah tergolong mempunyai temperatur panas, sedangkan warna hitam kecoklatan pada dasar latar (background) bersifat netral, warna coklat kehitaman dihasilkan dari percampuran warna coklat dan hitam dengan perbandingan 3: 1 dominan warna coklat.

Warna-warna yang terdapat pada batik ini antara lain, warna hitam kecoklatan terdapat pada dasar latar (background), kemudian dikombinasikan dengan warna coklat pada motif daun, dan warna merah pada motif mlinjon atau pembatas antar pola motif. Pada batik ini juga terdapat repetisi warna pada motif-motifnya selain itu warna putih sebagai kontur dalam desain ini menonjol karena warna dasar karya ini adalah berwarna gelap sehingga, motif pada desain terlihat jelas. warna coklat memberi kesan suasana yang tenang mempunyai bobot atau intensitas warna yang sedang.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...