Warna Batik Tulis Mbako Cengkeh

0 160

Warna Batik Tulis Mbako Cengkeh

Motif Mbako Cengkeh merupakan motif pengembangan dari bentuk dasar motif ron mbako yang di padukan dengan bentuk dasar buah cengkeh. Pada batik ini mempunyai motif utama daun tembakau, motif tambahan berupa motif daun dan buah cengkeh dan isen-isen berupa: stilisasi bunga cengkeh, isen cecek, bunga tembakau dan blabak sak imit yang terdapat pada pengisian Motif Daun Cengkeh. Pada batik tulis ini digolongkan dalam motif kombinasi atau pengembangan karena susunan motifnya terdiri dari motif tradisi dan motif-motif modern.

Proses pewarnaan pada batik ini dengan menggunakan pewarna sintetis. Batik Mbako Cengkeh terdapat kombinasi warna dingin dan panas yaitu, warna hijau bertemperatur dingin dan kuning bertemperatur panas, sedangkan warna hitam pada latar (background) bersifat netral. Pada batik ini juga terdapat kombinasi gradasi warna hijau dengan kuning, dari hijau ke hijau kekuningan, warna hijau kekuningan dihasilkan karena percampuran warna hijau dan kuning dengan perbandingan kuning lebih dominan yaitu 1: 3.

Dalam batik ini tidak hanya terjadi gradasi warna tetapi juga terdapat repetisi warna hijau pada motif daun dan hijau kekuningan pada Motif Cengkeh. Warna putih sebagai kontur dalam desain motif utama, tambahan, dan isen-isen ini lebih menonjol karena warna dasarnya berwarna gelap. Kecerahan warnanya terdapat pada warna hijau muda terang dan hijau kekuningan. Warna hijau yang digunakan memberikan kesan sejuk dan suasana yang tenang.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...