Warna Batik Tulis Kembang Mbako Rejeng

0 139

Warna Batik Tulis Kembang Mbako Rejeng

Batik Kembang Mbako Rejeng  tidak sama dengan motif batik tradisi yang terdiri tiga bagian pada motifnya, yaitu motif utama, motif tambahan, dan isen-isen. Pada batik ini mempunyai motif utama yaitu stilisasi bentuk bunga dan daun tembakau, sedangkan batik ini tidak menggunakan motif tambahan sebagai penghiasnya. Batik ini banyak menggunakan isen-isen bebas dalam pengisian motifnya.

Proses pewarnaan batik ini dengan menggunakan pewarna sintetis. Jika dlihat idari warna batik ini menggunakan warna panas yaitu warna merah dan orange, sedangkan warna abu-abu pada motif daun tertergolong warna netral. Pada batik ini juga terdapat kombinasi warna primer, sekunder, dan warna netral yaitu penggunaan warna merah pada latar (background), dikombinasikan dengan orange pada motif bunga dan warna abu-abu pada motif daun.

Warna putih dalam desain ini menonjol karena digunakan sebagai outline pada desain guna memperjelas motif-motifnya. Secara keseluruhan warna yang tampak pada batik tulis ini memberikan kesan panas karena komposisi warna panas lebih dominan, meskipun terdapat beberapa motif dengan warna netral, warna merah mempunyai bobot atau intensitas warna yang lebih tinggi.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...