Warna Batik Tulis Hasil Ekstraksi Daun Tembakau Kering

0 170

Warna Batik Tulis Hasil Ekstraksi Daun Tembakau Kering

Warna batik tulis hasil ekstraksi daun tembakau kering merupakan kombinasi dari dua warna netral yaitu coklat dan putih, dimana warna putih pada desain sebagai batas untuk meperjelas kontur atau outline pada motif-motifnya. Warna coklat yang lebih muda dalam desain ini menonjol karena warna dasar karya ini adalah berwarna coklat gelap, warna coklat gelap tersebut dihasilkan dengan 19 kali penclupan.

Pewarnaan pada batik ini menggunakan pewarna ekstrak daun tembakau kering dengan difiksasi larutan tunjung sehingga menghasilkan warna coklat tua, sedangkan warna coklat muda merupakan hasil dari ekstraksi daun tembakau kering dengan difiksasi larutan tawas sehingga menghasilkan warna coklat lebih muda. Warna batik tulis dapat digolongkan dalam temperatur warna hangat karena warna coklat yang terdapat pada motif.

Pada batik tulis ini merupakan kombinasi dari dua warna netral yaitu coklat dan putih, dimana warna putih yang digunakan pada motif memberi batas untuk meperjelas outline pada desain sekaligus sebagai latar kain, sehingga warna coklat dalam desain ini terlihat menonjol karena warna coklat dalam penggunaanya cenderung lebih sedikit, sehingga warna coklat tampak lebih jelas. Warna coklat gelap tersebut dihasilkan dengan 19 kali pencelupan. Pewarnaan pada batik ini menggunakan pewarna ekstrak daun tembakau kering dengan difiksasi larutan tunjung sehingga menghasilkan warna coklat gelap.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...