Warna Batik Tulis Hasil Ekstraksi Daun Tembakau Basah

0 232

Warna Batik Tulis Hasil Ekstraksi Daun Tembakau Basah

Warna batik tulis hasil ekstraksi daun tembakau basah yang terdapat pada Motif Ron Mbako Selanjar menggunakan warna netral yaitu coklat (soga) sebagai warna latarnya, penggunaan warna coklat menunjukkan warna pada batik ini berkesan hangat. Pada batik ini terdapat gradasi warna coklat, dari coklat muda ke kuning kecoklatan, terjadi dua tingkatan warna coklat. warna coklat muda dihasilkan dari daun tembakau basah dengan difiksasi larutan tunjung yang terdapat pada warna dasar kain, sedangkan warna kuning kecoklatan dihasilkan dari daun tembakau basah dengan difiksasi larutan tawas yang terdapat bada bagian motif utama, sehingga warna kuning kecoklatan dalam desain motif utama ini menonjol karena warna dasar karya ini adalah coklat muda disamping itu warna putih pada outline motif yang memperjelas berwarna lebih terang. Kecerahan warnanya terdapat pada warna kuning kecoklatan.

Sedangkan warna yang terdapat pada Motif Godhong Mbako Cengkeh juga tergolong mempunyai temperatur warna yang hangat karena penggunaan warna krem cederung kecoklatan pada latar kain menimbulkan kesan hangat. Pada karya ini terdapat dua gradasi tingkatan warna yaitu warna krem tua dan krem muda. Warna krem tergolong warna netral karena krem dapat digambarkan sebagai warna coklat mati atau coklat pucat. warna krem dihasilkan dari daun tembakau basah dengan difiksasi larutan kapur yang terdapat pada warna dasar kain, sedangkan warna krem muda pada motif utama dihasilkan dari daun tembakau basah dengan difiksasi larutan tunjung, sehingga memunculkan warna krem muda. Kecerahan warnanya terdapat pada warna krem muda sebagai warna motif utama.

Warna pada batik tulis ini mempunyai temperatur warna yang hangat karena penggunan warna coklat pada warna latar dasar kain (background). Warna yang diterapkan pada batik tulis tersebut terdapat dua jenis warna netral yaitu warna coklat dan putih pada bagian motifnya, pada warna coklat terdapat dua tingkatan warna yaitu coklat tua dan kuning kecoklatan warna coklat tua dihasilikan dari ekstrak daun tembakau kering dengan difiksasi larutan tunjung, sedangkan warna kuning kecoklata merupakan ekstraksi daun tembakau basah difiksasi larutan tawas. Warna kuningan kecoklatan dalam desain sedikit menonjol karena warna dasar karya ini berwarna gelap sekaligus menjadi outline pembatas pada motif daun. Untuk memperjelas outline atau kontur pada motif utama, tambahan maupun isen-isen batik tulis ini menggunakan warna putih, sehingga warna putih desain menjadi sangat menonjol, hal ini juga didukung dengan warna latar yang lebih gelap.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...