Warna Batik Tulis Godhong Jejer

0 177

Warna Batik Tulis Godhong Jejer

Pesona Tembakau yang membuat Batik Tulis Temanggung dengan pewarnaan sintetis pada batik tulisnya, karena selain warnanya yang beragam juga dalam proses pewarnaanya lebih praktis dan efisien. Bahan pewarna sintetis yang dimaksud yaitu zat pewarna Remazol. Remazol adalah cat warna reaktif berupa bubuk berwarna, ada yang mudah larut dalam air dingin dan ada yang harus dilarutkan dalam air panas.

Larutan cat warna reaktif menunjukkan warna aslinya dapat langsung diserap oleh benang kapas dan langsung menimbulkan warna yang sebenarnya tanpa proses pembangkitan warna. Warna yang terdapat pada Batik Tulis Godhong Jejer berkesan dingin karena penggunaan warna biru yang terdapat pada motif desain. Warna biru digolongkan dalam warna sekunder, penggunaan warna biru pada batik ini terjadi gradasi dari biru gelap (cenderung menuju hitam) ke biru muda.

Warna biru gelap pada warna latar (background) merupakan hasil perpaduan warna biru dan warna hitam dengan perbandingan 3: 1 dominan warna biru, sehingga warna tersebut menjadi netral sebab terjadi pencampuran warna netral (hitam), sedangkan warna biru muda pada motif utama lebih menonjol sebab warna dasar kain adalah biru gelap. Penggunaan warna putih sebagai kontur pada desain digunakan untuk memperjelas motif utama dan isen-isen. Pada karya ini juga terdapat repetisi warna biru muda pada motif – motifnya.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...