Warna Batik Sidomukti Carica

0 144

Warna Batik Sidomukti Carica

Batik Sidomukti merupakan batik yang ada di daerah dan merupakan salah satu batik klasik, kain Batik Sidomukti digunakan dalam upacara perkawinan, yang sudah ada dari dulu. Motif pada sidomukti merupakan motif geometris membentuk bidang-bidang persegi yang masing-masing diisi dengan motif pohon hayat, kupukupu, bangunan dan garuda.

Di Carica Lestari secara konsep bentuk motif memang sama dengan sidomukti, tetapi motif untuk mengisi bidang persegi diganti dengan motif carica. Batik Sidomukti Carica sangat erat kaitannya dengan Batik Sidomukti. Warna Batik Sidomukti menggunakan latar hitam berkesan gelap. Warna pada kain Batik Sidomukti Carica warnanya adalah merah, putih dan hitam.

Warna merah digunakan adalah naptol Merah B dan AS BO, warna sedikit kebiruan. yaitu warna naptol hitam B dicampur Biru B dan AS BO dicampur AS D. Warna merah dipadukan dengan hitam karena dengan latar warna hitam, bentuk motif akan lebih jelas dan lebih menyala. Warna yang dihasilkan membuat keharmonisan dan warna yang tegas menambah nilai keindahan.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...