Warna Batik Sekar Mentari

0 161

Warna Batik Sekar Mentari

Warna-warna yang digunakan pada Motif Sekar Mentari  adalah kombinasi warna panas yaitu warna primer dan sekunder. Warna orange kecoklatan sebagai latar (background), dikombinasikan dengan kuning kecoklatan pada motif tambahan garis-garis lengkung, merah pada isen-isen bunga dan kuning pada daun. Warna orange kecoklatan dihasilkan dari perpaduan warna orange dan warna coklat dengan pebandingan 3: 1 lebih dominan warna orange. Pada karya ini terdapat gradasi warna kuning, dari kuning kecoklatan ke kuning yang lebih muda, sehingga terjadi dua tingkatan warna kuning. Tidak hanya terjadi gradasi warna tetapi juga terdapat repetisi warna pada motif dan isen-isen. Warna putih yang digunakan sebagai outline dalam desain ini menonjol karena warna dasar karya ini adalah orange kecoklatan. Kecerahan warnanya terdapat pada warna kuning muda terang.

Ditinjau dari warna batik ini mempunyai temperatur warna dingin meskipun terdapat warna hitam yang tergolong warna netral pada latar (background) dan warna merah pada isen-isen bunga, namun dalam penggunaan warna dingin (hijau) lebih menonjol. Warna-warna yang digunakan adalah kombinasi hijau, warna merah dan warna hitam. Warna putih yang digunakan sebagai outline dalam desain ini sangat menonjol karena disekeliling putih terdapat warna-warna gelap. Warna putih pada desain yang digunakan sebagai outline motif utama, tambahan, dan isen-isen lebih menonjol. Kecerahan warnanya terdapat pada warna hijau yang sekaligus memberikan kesan sejuk dan suasana yang tenang mempunyai bobot atau intensitas yang lebih rendah.

Pada batik tulis ini terjadi kombinasi warna dengan temperatur warna panas dan dingin, warna panas terdapat pada warna ungu kemerahan pada motif tambahan dan warna ungu pada latar (background), sedangkan warna dingin hanya terdapat pada motif utama daun. Pada desain ini terjadi gradasi warna yaitu warna hijau tua ke hijau muda kekuningan yang terdapat pada motif daun.

Warna ungu kemerahan diperoleh dengan memadukan warna merah dan ungu dengan perbandingan ungu lebih dominan yaitu 3: 1, sedangkan warna hijau muda kekuningan diperoleh dari perpaduan warna hijau dengan warna kuning dengan perbandingan kuning lebih dominan yaitu 1: 3. Warna putih sebagai outline atau kontur yang terdapat pada desain digunakan untuk meperjelas motif utama, tambahan, dan isen-isen. Warna hijau yang digunakan memberikan kesan dingin sedangkan merah dan ungu memberi kesan panas sehingga secara keseluruhan warna yang diterapkan pada batik ini dapat memberi kesan hangat dan suasana yang tenang mempunyai bobot atau intensitas yang sedang.

Source http://eprints.uny.ac.id/17392/1/Berryl%20Raushan%20Fikri.pdf
Comments
Loading...