Warna Batik Sekar Jagad Carica

0 188

Warna Batik Sekar Jagad Carica

Batik Sekar Jagad adalah batik dengan motif bunga-bunga dan di dalamnya memang banyak jenis bunga yang dijadikan motif untuk mengisi. Batik sekar jagad berasal dari Solo dan merupakan batik klasik yang biasa digunakan dalam acara pertunangan. Carica lestari juga menciptakan Batik Sekar Jagad Carica. Bentuk pola pada Sekar jagad adalah pola geometris yaitu bentuk persegi dengan ukuran sisi 20 cm. Persegi tersebut diisi dengan bidang-bidang belah ketupat.

Pewarnaan pada Batik Sekar Jagad Carica adalah warna putih, biru muda dan biru tua. Warna putih diperoleh dari hasil pengecapan malam. Warna biru muda membuat kesan cerah seperti langit yang biru. Untuk latar warnanya memang gelap yaitu biru tua. Pewarna batik yang digunakan adalah pewarna kimia yaitu warna naptol biru muda dari Biru BB ditambah dengan AS D.

Warna biru tua naptol Biru BC dicampur BO dan AS O. Warna biru tua dipilih sebagai latar karena warna obyek sudah berwarna biru muda, agar terjadi keharmonisan warna maka warna biru yang digunakan adalah biru tua. Warna gelap membuat gambar motif batik menjadi jelas terlihat dan kesan gradasi warna yang ditimbulkan dari perpaduan warna yang seirama dan kesan keindahan dari warna yang ditimbulkan.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...