Warna Batik Rejeng Carica

0 182

Warna Batik Rejeng Carica

Batik Rejeng Carica merupakan batik yang diproses dengan teknik batik cap. Penyusunan pola pada kain yang dibentangkan memanjang dari sudut pojok bawah kemudian penuh sampai sudut atas, jadi pengecapan pola penuh pada bidang kain. Pola Batik Rejeng Carica terdiri dari komposisi motif rejeng dan motif carica.

Motif rejeng disusun secara diagonal, pada batik parang biasanya bagian tengah diberi bentuk belah ketupat, tapi pada rejeng carica bentuk belah ketupat diganti menjadi bentuk motif purwaceng. Warna Batik Rejeng Carica adalah warna putih, ungu dan warna hitam. Warna ungu adalah warna yang paling dominan dan warna ungu ini yang membuat kesan warna cerah dan terang ketika dilihat.

Pewarna yang digunakan adalah pewarna kimia Biru BB dicampur violet dan AS dicampur AS D. Warna hitam sedikit kecoklatan diperoleh dari Biru BC ditambah MBC dan AS B dicampur ASBR. Warna ungunya sangat menyala dan warna hitamnya juga kecoklatan maka warna keseluruhan batik ini tetap terkesan cerah yang menimbulkan kesan indah dan menawan dan penuh kewibawaan.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...