Warna Batik Parang Carica

0 122

Warna Batik Parang Carica

Batik Parang carica merupakan batik dengan bentuk polanya diagonal seperti rejeng. Masyarakat Wonosobo terutama yang berada di desa senang memakai kain batik (jarit) yang bentuk polanya miring, terinspirasi dari hal tersebut sehingga diciptakanlah Batik Parang Carica. Pola penerapan pada batik carica merupakan kombinasi dari pola carica dan pola lurik. Pola penerapan pada kain dengan kain memanjang dan dengan teknik batik cap.

Pada bidang kain yang pertama dicap adalah motif carica, pengecapan dilakukan dari sudut bagian kiri bawah sampai pada bagian kanan atas. Proses pewarnaan pada Batik Parang Carica ini adalah warna merah dan warna hitam. Merah sebagai warna latar dan warna yang paling menonjol dari kain. Motif carica juga diberi warna merah, namun untuk pembatas antar obyek menggunakan warna putih dari hasil pencantingan. Pewarna batik yang digunakan adalah pewarna kimia yaitu warna Merah B dicampur Merah R dan AS dicampur AS OL.

Warna hitam yang digunakan diperoleh dari Biru B dicampur Hitam B dan AS D dicampur AS BO. Warna yang paling dominan adalah warna merah menimbulkan kesan warna cerah dan menyala. Kesan warna gelap dari kain adalah dengan dipadukannya warna merah dengan warna hitam. Warna cerah dan terang ke warna gelap menimbulkan kesan keindahan dan keserasian warna yang menawan.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...