Warna Batik Mantyasih Magelang

0 146

Warna Batik Mantyasih Magelang

Proses pewarnaan Batik Mantyasih Magelang menggunakan bahan dari zat pewarna alam dan sintesis. Batik Mantyasih pada mulanya diciptakan dengan pakem menggunakan perpaduan warna coklat tua, oranye kunyit, dan putih sebagai outline. Warna coklat diberikan untuk bagian bidang Motif Lumpang Batu 70 daerah sebelah kiri atas, bidang tengah Motif Lumpang Batu, bidang lubang lumpang batu, dan bidang sebelah kiri motif lumpang batu.

Pewarnaan oranye kunyit dilakukan pada bidang gambar motif lumpang batu bagian kanan atas, kiri tengah, dan bagian bawah bidang motif lumpang batu, serta terdapat pada Motif Bunga Mawar. Pewarnaan coklat dan oranye kunyit dilakukan dengan cara berselang-seling pada motif bunga rumput liar dan rumput liar pada setiap bunga atau daunnya.

Desain pakem warna dengan penggunaan warna coklat dan oranye kunyit, secara tidak sengaja ternyata sejalan dengan warna yang dominan dipakai pada masa Kerajaan Mataram Hindu, hanya saja tingkat ketajaman warnanya lebih tinggi dari warna yang dimaksud. Warna kunir apuy diyakini sebagai warna yang dominan pada masa itu dikarenakan masyarakat pada zaman dahulu selalu menginang, dan air dari hasil campuran bahan-bahan tersebut menghasilkan warna kunir apuy.

Warna kunir apuy sering digunakan pada ikat kepala prajurit Mataram Hindu, umbulumbul kerajaan, warna bagian tengah tameng prajurit, dan warna ornamen pada pintu gerbang kerajaan. Warna ini berasal dari campuran air perasaan 71 kunyit dan batu gamping sehingga menghasilkan warna oranye kunyit yang sedikit pudar karena tercampur dengan warna putih dari batu gamping sehingga menghasilkan warna alami secara tradisi.

Source Warna Batik Mantyasih Magelang Batik
Comments
Loading...