Warna Batik Lung Carica

0 123

Warna Batik Lung Carica

Motif Carica merupakan motif andalan dan banyak peminatnya, sehingga batik dibuat dengan teknik batik cap supaya efisien waktu dan tenaga. Batik Lung Carica merupakan batik dengan motif carica, dinamakan Batik Lung Carica karena merupakan bentuk dari Lung-lungan atau daun-daunan. Bentuk motif diambil dari bentuk tanaman kacang, penggambaran bentuknya sesuai asli atau realis tanaman kacang, tetapi pada daunnya diganti menjadi daun carica.

Pola Batik Lung Carica berupa komposisi satu Motif Carica, tiga lung dan tiga Motif Purwaceng. Motif carica adalah motif pokok sehingga ukurannya paling besar.  Proses pewarnaan pada Batik Lung Carica adalah warna ungu dan coklat. Warna yang paling menonjol adalah warna coklat yaitu coklat matang (coklat tua).

Sedangkan warna ungu merupakan warna yang terkesan cerah lembut. Pewarna batik yang digunakan adalah warna kimia yaitu warna Biru BB dicampur violet dan AS dicampur AS D. Warna latar yang gelap dengan perpaduan ungu dan putih mngesankan warna yang berkilauan. Kesan dari perpaduan warna adalah keserasian yang harmonis.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...