Warna Batik Bola Carica

0 125

Warna Batik Bola Carica

Batik Bola diciptakan pada waktu ada trend batik bola. Anak muda cenderung suka bola dan tidak terbatas oleh jenis kelamin pria maupun wanita. Sehingga muncullah ide untuk membuat batik dengan gambar bola. Nama Batik Bola Carica sekaligus sebagai promosi. Pola Penerapan Batik Bola Carica merupakan batik yang diproses dengan teknik batik tulis. Pada kain motif-motif disusun secara bebas sehingga membentuk pola bebas.

Pola dominan pada Batik Bola Carica adalah motif abstrak yang kemudian digambarkan motif bola di dalamnya. Warna Batik Bola Carica adalah warna krem dan coklat. Pewarnaan menggunakan warna kimia coklat base yaitu M BC ditambah BR BC dan AS B dan AS BR. Warna krem dari pewarna sol yaitu Coklat IRRD ditambah Kuning IG4.

Warna coklat dipilih karena kebanyakan yang menyukai bola adalah laki-laki sehingga warna batiknya juga disesuaikan supaya bisa dipakai oleh perempuan maupun laki-laki. Warna coklat pada batik bersifat netral, sehingga batik dapat digunakan oleh perempuan dan laki-laki. Kesan warna yang ditimbulkan adalah warna yang bergradasi dari warna cerah menuju warna gelap yang membuat keseluruhan batik menjadi warna yang serasi.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...