Warna Batik Batak Medan

0 187

Warna Batik Batak Medan

Warna yang dipakai dalam Batik Batak Medan mencerminkan karakteristik Batak. Karakteristik Batak berwarna hitam, putih dan merah. Warna-warna ini akan bermakna jika dirangkai dengan tepat. Secara simbolis, masing-masing warna yang kita dapat menafsirkan sebagai berikut.

Pertama memahami nilai-nilai warna itu sendiri, sebelum dikaitkan dengan makna dasar dan spiritualitas. Warna hitam berarti karakter psikologi warna yang kuat, keras dan bijaksana. Dalam Fisika teoritis, spektrum warna hitam tidak memancar keluar. Dengan demikian dapat menyerap energi sehingga pemakai akan tetap hangat, meskipun dalam keadaan cuaca dingin.

Sementara warna putih melambangkan kesucian, adalah warna netral terhadap warna lainnya. Spektrum siaran diterima warna lain untuk menghasilkan kombinasi harmonis. Efek warna yang dihasilkan mengandung sifat ketulusan.

Begitu juga dengan warna merah. Warna spektrum yang dipancarkan sangat kuat. Merah melambangkan keberanian, kekuatan bahkan angkara murka. Tidak heran merah dibuat simbol kekuasaan.

Psikologi warna benar-benar universal dan sering ditemukan dalam kelompok masyarakat tradisional. Bahkan dalam budaya melek huruf dari banyak di luar Indonesia. Set yang terpisah adalah legitimasi atau sumber-sumber tertentu yang mendasari lahirnya keyakinan itu. Di masa lalu, biasanya sumber yang selalu berkaitan dengan hal-hal yang berbau rohani.  Pemilihan warna yang dipakai dalam batik Batak Medan harus memiliki makna yang harus lekat dengan batiknya .

Source Warna Batik Batak Medan Batik
Comments
Loading...