Warna Batik Abstrak Carica

0 162

Warna Batik Abstrak Carica

Warna yang digunakan pada Batik Abstrak Carica adalah warna merah, putih dan coklat. Warna merah yang digunakan adalah pewarna batik kimia yaitu merah naptol, sedangkan warna coklat yang digunakan adalah coklat base. Warna merah yaitu naptol merah B dan AS BO, warna coklat yang digunakan adalah coklat base yaitu pewarna dengan resep Merah BC, BR BC, BO, dan garam yang digunakan adlah campuran BO, ASG, dan AS BR.

Warna putih diperoleh dari hasil penutupan malam yang pertama kali. Warna merah membuat kain batik menjadi terlihat menyala dan cerah. Warna motif pokok Batik Abstrak Carica diberi warna gelap karena warna latarnya sudah cerah, sehingga untuk warna bidang pada motifnya menggunakan warna coklat yang matang (coklat tua).

Kesan yang ditimbulkan dari warna coklat membuat batik terlihat lembut dan tetap ada kesan cerah dari warna merah. Tekstur garis yang tercampur oleh warna coklat tua menjadikan kain ini tampak bergradasi, dari warna cerah menuju ke gelap. Warna merah dipadukan dengan warna coklat tua membuat warna harmonis dan indah. Tekstur menimbulkan kesan kesatuan motif sehingga tidak ada kesan ruang kosong pada kain batik.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...