Warna Alami Jadi Pilihan Pembatik karena Alasan Tak Mainstream

0 25

Warna Alami Jadi Pilihan Pembatik karena Alasan Tak Mainstream

Kecantikan batik tidak luput dari proses pewarnaan, salah satunya melalui proses pewarnaan alamiah. Umumnya, zat pewarnaan alami untuk bahan tekstil biasanya diperoleh dari hasil ekstrak berbagai bagian tumbuhan, seperti kayu, akar, daun, biji, dan bunga.

Seorang pebatik asal Temanggung, Jawa Tengah, Yori Nooraini, mengakui bahwa masih membuat batik dengan menggunakan pewarna alami. “Jadi. dari dulu, saya selalu bikin warna alam, itu warna yang bukan mainstream,” tuturnya saat ditemui beberapa waktu lalu dalam acara pameran batik Warisan Agung Negeri Nusantara (Warisan). Yori mengatakan bahwa pebatik untuk saat ini sangat sedikit yang menggunakan warna alam. Sebab, pembuatan batik yang menggunakan warna alam ini terhitung lebih rumit.
Selain itu juga membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan investasinya lebih besar dikarenakan prosesnya lama untuk mencapai warna-warna cantik berasal dari alam. Warna alam sepertinya lebih sulit untuk diidentifikasikan dan juga diformulakan. Namun, hal ini diakui Yori menjadi tantangan untuk dirinya yang juga membuat dia lebih menyukai warna-warna alam. “Awal saya membatik langsung pilih warna alam, dan enggak ada handbook-nya jadi saya cari-cari sendiri, nyoba sendiri sampai sekarang,” jelasnya.

Terkadang, untuk menemukan warna alam lain, Yori pun seringkali untuk berdiskusi dengan pebatik lainnya sewaktu pameran dan menanyakan jenis-jenis pewarna alam di daerah mereka. Lalu, untuk menggunakan pewarnaan alam sendiri, Yori menjelaskan bahwa batik tulis nantinya dicelupkan dengan warna-warna alam, seperti halnya dengan sogan, mahoni, dan berasal dari tumbuh-tumbuhan lainnya.

Source http://jambi.tribunnews.com/ http://jambi.tribunnews.com/2016/10/02/warna-alami-jadi-pilihan-pembatik-karena-alasan-tak-mainstream
Comments
Loading...