Warga Korea Tertarik Batik Klaten

0 135

Warga Korea Tertarik Batik Klaten

Beberapa tamu yang berasal dari perwakilan Asean-Korea Centre pada hari Selasa tanggal 20 November 2012 melakukan kunjungan ke beberapa sentra batik warna alam di Kecamatan Bayat. Kunjungan tersebut merupakan langkah awal yang dilakukan Asean-Korea Centre, untuk memasarkan batik Indonesia di Korea Selatan. Beberapa sentra batik yang dikunjungi tersebut, yakni berada di Desa Kebon, Jarum dan Banyuripan, Kecamatan Bayat. Sentra batik yang dikunjungi perwakilan dari Korea Selatan tersebut, merupakan sentra pembuatan batik yang menggunakan pewarnaan alami dari bahan-bahan alam.

Manager Asean-Korea Centre, Ki Bong Moon mengatakan batik-batik karya Indonesia itu sangat luar biasa. Menurutnya batik-batik Indonesia tersebut mampu dipasarkan hingga Korea Selatan. Akan tetapi, Ki Bong Moon mengatakan motif-motif batik yang berasal dari Indonesia tersebut kurang diminati di pasar Korea Selatan. Sebab selera pasar Korea tersebut, menurutnya berbeda dengan motif batik yang asli Indonesia tersebut. Dirinya berharap suatu saat dapat melakukan kerjasama terhadap para perajin batik agar merubah motif batik tersebut sesuai dengan selera pasar Korea Selatan. “Ke depannya kita akan memberikan contoh motif yang sesuai pasar kami, sehingga nanti batik dapat populer di Korea Selatan,” katanya.

Di Korea Selatan, pakaian batik hanya dikenal kalangan tertentu, dan belum terlalu populer di kalangan masyarakat luas. Menurtnya baru pejabat, kalangan akademisi, dan beberapa desainer baju. Sementara itu, salah seorang desainer baju asal Korea, Han Mie Sun, mengatakan kain batik itu pakaian yang sangat bagus. Menurutnya kain batik itu bisa disesuaikan penggunaannya, dan cocok untuk apa saja.

Source https://www.kaskus.co.id/ https://www.kaskus.co.id/thread/50ac1f5d0975b40d3d000018/berita-warga-korea-tertarik-batik-klaten/
Comments
Loading...