Warga Kasepuhan Cirebon Rintis Kampung Batik

0 57

Warga Kasepuhan Cirebon Rintis Kampung Batik

Batik Cirebon sudah mulai menjadi primadona, terutama Batik Motif Mega Mendung. Tetapi, jumlah kampung perajin batik di Cirebon terbilang masih sangat sedikit. Hanya dua kampung yang tersohor yakni Kampung Batik Trusmi dan Kampung Batik Ciwaringin. Demi bisa mengembangkan kembali kejayaan Batik Cirebon, warga Kampung Mandalang Kelurahan Kasepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat tergugah untuk merintis kampung batik.

Tak hanya kalangan ibu-ibu yang dilibatkan dalam perintisan kampung batik, sejumlah anak-anak Kampung Mandalang dilibatkan. Saat ini kampung batik itu diberi nama Kelompok Batik Keraton Kasepuhan. Ketua Kelompok Batik Keraton Kasepuhan, Elang Raharyadi Wijaya Kusuma menyebutkan saat ini jumlah perajin batik yang aktif merintis kampung batik Keraton Kasepuhan itu sebanyak 32 orang, 20 di antaranya masih anak-anak.

Tujuan dari pelatihan dengan merekrut sejumlah anak-anak itu untuk regenerasi perajin batik dalam melestarikan Batik Cirebon. Selain itu, adanya kampung batik di Kasepuhan, sambungnya, diharapkan mampu mengurangi pengangguran.  Pada awalnya banyak ibu-ibu dan anak-anak itu cuma main-main saja kalau buat bati. Muncul gagasan agar mereka diberdayakan, hingga akhirnya kita merintis membuat pelatihan menuju kampung batik. Perjuangan menuju kampung batik tidak lah mudah. Banyak kendala yang sering ia temukan. Namun, bagi Yadi dan perajin yang ikut merintis kampung batik itu memegang teguh nilai-nilai kesabaran.

Ditempat yang sama, Kepala DKOKP Kota Cirebon, Dana Kartiman mengatakan batik merupakan warisan yang perlu dilestarikan. Terlebih lagi, sambungnya batik saat ini sudah mendapatkan pengakuan secara legal dari dunia. Kita harus bisa mengembangkan Batik Cirebon. Harapan kita, dari langkah kecil ini untuk membuat kampung batik bisa menjadi besar. Kita berharap ini bisa menularkan ke masyarakat lain untuk aktif mengembangkan batik. Dana sangat mengapresiasi karena perintisan kampung batik itu melibatkan anak-anak. Hal itu akan membuat regenerasi perajin batik di Cirebon tak akan hilang.

Source https://news.detik.com/ https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3718330/warga-kasepuhan-cirebon-rintis-kampung-batik
Comments
Loading...