infobatik.id

Warga Inggris Terpukau dengan Seni Batik Madura

0 28

Warga Inggris Terpukau dengan Seni Batik Madura

Sejumlah warga dari negara Inggris yang tengah mengikuti workshop membatik di London, menaruh apresiasi tinggi terhadap nilai seni Batik Madura. “Semuanya bahan alami?” tanya seorang warga London yang menjadi peserta, ketika instruktor Siti Maimona dan Adita Ningsih memulai penjelasan tentang proses membatik.

Menurut peserta asal London itu, baru kali ini ia diperkenalkan dengan bahan-bahan alami khas Indonesia yang menjadi sumber pewarnaan batik Madura. Siti Maimona dan Adita Ningsih atau yang akrab disapai Mai dan Dita merupakan perajin batik asal Madura. Mereka memperkenalkan bahan-bahan alami seperti jelaweh, manggis, munduh kulit mengkudu, secang, dan tunjung untuk menciptakan warna merah, biru, kuning, dan indigo.

Sedangkan bahan alami lainnya seperti gula aren, tawas, dan kapur digunakan untuk mengikat warna, melekatkan warna, serta membuat warna tampak lebih pekat. Biasanya, kain putih yang digunakan untuk membatik harus dicelup dulu ke dalam cairan campuran minyak camplong dan abu tomang (abu sisa kayu bakar).

Proses ini berfungsi untuk melembutkan dan mengharumkan kain sehingga memudahkan proses membatik, terutama pada saat pengikatan warna. Selama dua hari di London, bertempat di KBRI London, sebanyak lebih dari 50 warga Inggris mendaftar untuk ikut dalam workshop batik yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Nusawastra Silang Budaya: Indonesian textiles at the Crossroad of Culture pada tanggal 20-21 April 2018.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/global/read/3477789/warga-inggris-terpukau-dengan-seni-batik-madura
Comments
Loading...