Warning: unlink(/tmp/c8143191f24458175d8ff5ae112b6929-FmNsmq.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/infobatik.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Warga Disabel Dibekali Keterampilan Membatik

0 35

Warga Disabel Dibekali Keterampilan Membatik

Bertempat di pusat pelatihan membatik, jalan Bahagia Nomor 640 kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya, 12 orang disabilitas diberikan pelatihan membatik. Meskipun memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi, namun tidak menyurutkan semangat mereka untuk belajar membatik uang dibimbing oleh komunitas Batik Bekasi (Kombas).

Dengan menggunakan Bahasa Isyarat, tiga penderita tuna rungu yang sudah bergabung dalam komunitas batik Bekasi ini memberikan edukasi mengenai tehnik membatik kepada rekan-rekannya yang lain. Beberapa produk batik yang di kerjakan oleh para penderita tuna rungu ini diketahui sudah ada yang memesannya sehingga memiliki nilai ekonomis.

“Mereka diberikan keterampilan dalam membatik.Ini saja yang mereka buat sudah pesanan orang, jadi memiliki nilai ekonomi bagi mereka. Yang tiga orang sudah gabung di batik, rencananya mereka mau saya arahkan kesana, “ ungkap ketua Kombas, Barito Hakim Putra seraya menunjuk salah satu karya yang sedang dikerjakan.

Teriknya matahari di lokasi pelatihan tidak mengikis semangat sekolompok disabilitas yang tergabung dalam satu wadah yakni Komunitas Tuli Bekasi, mereka nampak sangat gembira ketika hasil keringat mereka sudah mencapai proses akhir pada sepotong kain.

Salah satu pengajar batik, Achmad Maulana mengungkapkan untuk proses tindak lanjut dari kegiatan pelatihan ini, ke 12 orang tersebut akan terus dilatih dan diarahkan menjadi pengrajin batik hingga memiliki gerai di wilayahnya masing-masing.

“Tindak lanjutnya, para kaum disabilitas akan dilatih untuk menjadi pengrajin batik hingga sampai mahir dan memiliki gerai diwilayahnya masing-masing,“ ungkapnya kepada Radar Bekasi.

Pria yang akrab disapa Maul tersebut berharap, yang dilakukan hari ini dapat menggugah perhatian pemerintah Kota Bekasi terutama pada wilayah permodalan untuk menunjang keberlanjutan dari keahlian yang sudah dimiliki.”Harapannya agar pemerintah kota Bekasi agar memberikan kemudahan pinjaman modal bagi kaum disabilitas dalam segi kewirausahaan,“ imbuhnya.

Source https://radarbekasi.id https://radarbekasi.id/2018/08/16/warga-disabel-dibekali-keterampilan-membatik/
Comments
Loading...