Wali Kota Dari Filipina Kesengsem Batik Trenggalek

0 188

Wali Kota Dari Filipina Kesengsem Batik Trenggalek

Batik sekarang sudah mendunia dan dicintai banyak orang batik itu dari dalam Indonesia maupun dari luar Indonesia dan batik sering membuat orang kesengsem. Begitu pula dengan Hon Stephany Uy Tan yang saat ini menjadfi Wali Kota Catbalogan, Filipina saat  mengunjungi Kabupaten Trenggalek. Wali Kota perempuan tersebut bahkan antusias ingin belajar membatik. Aktivitas itu dilakoni di sela-sela rangkaian kunjungan kerja serta workshop peningkatan daya saing dengan pemberdayaan koperasi.

Wali Kota Catbalogan tampak kagok dan grogi saat menggoreskan tinta pada kain. Hal itu sangat wajar bagi para pemula. Jangankan warga asing, masyarakat lokal pun bila tidak pernah membatik juga pasti akan bingung. Kendati di kain tersebut, telah ada goresan pensil sebagai penanda alur gambar batiknya. Sebelumnya, Hon Stephany Uy Tan mencoba membuat prodo di stan batik yang memang disediakan. Namun, kegiatan tersebut tidak begitu sulit. Sebab, kegiatan itu hanya sekadar memberikan pewarna atau penebal pada kain. Berbeda halnya dengan membatik tulis. Dia harus telaten, tapi cepat saat menggoreskan tinta pada kain bergambar tersebut. Hal itu harus dilakukan agar tinta dalam canting tidak meluber melewati garis yang ditentukan.

Meski demikian Walikota itu mengaku sangat kagum dan senang dengan hasil karya batik masyarakat Trenggalek. Terbukti, setelah rangkaian acara workshop tersebut, dia lantas membeli beberapa potong kain yang akan digunakan di daerahnya. Bahkan, dia membeli canting Batik Trenggalek. Rurik yang merupakan salah seorang pengrajin kain batik yang kebagian stan pameran dalam kegiatan tersebut, menyatakan, hari itu memang tidak banyak kain polesannya yang terjual. Salah satu pembelinya adalah wali kota perempuan dari Filipina tersebut.  Walikota perempuan itu sempat mencoba membatik pada selembar kain dengan hasil yang memang kurang sesuai. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah lantaran goresan canting yang belum teratur itu masih bisa diperbaiki.

Source Wali Kota Dari Filipina Kesengsem Batik Trenggalek Batik
Comments
Loading...