Variasi Warna dan Motif Batik Jumputan

0 261

Variasi Warna dan Motif Batik Jumputan

Pada dasarnya pembuatan kain batik jumputan jauh lebih mudah daripada pembuatan kain batik tradisional. Waktu yang dibutuhkan pun tidak se-lama pembuatan kain batik tradisional. Karena pembuatannya yang tidak terlalu rumit, banyak daerah yang mengembangkan teknik ini. Berikut beberapa variasi motif dan warna dari batik jumputan.

  • Motif Kain Jumputan

Cara pembuatan kain ini adalah dengan menarik kain putih dan kemudian diikatkan dengan menggunakan tali. Penggunaan talinya haruslah yang tidak menyerap warna seperti raffia atau karet. Setelah kain diikat mengikuti pola yang diinginkan, kain dicelupkan kedalam pewarna. Tunggu sekitar 1 jam, kemudian tali dilepas dan bilas kain dengan kain yang mengalir.

  • Motif Kain Pelangi

Kain motif pelangi ini kaya akan variasi motif dan warna seperti halnya pelangi. Namun ada juga cerita yang menyebutkan kata pelangi itu dalam Bahasa jawa disebut plangi yang berasal dari kata plong yang memiliki arti kosong di atas bidang putih. Pembuatan kain batik motif pelangi ini memiliki proses yang lebih sulit dan biasanya dibagi menjadi dua tahap yaitu diikat kemudian dibuatkan motif menggunakan kuas.

  • Kain Tritik

Kata tritik itu diambil dari kata Tarik sesuai dengan cara pembuatan kain ini yaitu dengan menjelujurkan kain lalu ditarik dengan rapat menjadi gumpalan kain. Kemudain kain diwarnai dan benang yang dipakai untuk menggumpalkan kain ditarik. Pada awalnya kain ini hanya terdiri dari satu latar warna yaitu biru tua, merah mengukudu atau hitam. Namun kemudian mengalami perkembangan dan dibagian pinggiran, badan, dan tengah diberi warna – warna yang kontras.

  • Kain Sasirangan

Di Banjar Kalimantan Selatan, kain jumputan lebih dikenal dengan kain sasirangan. Zaman dahulu, corak – corak seperti corak bintang bahambur, dan awan bairing dipakai oleh kalangan bangsawan, sedangkan motif ombak sinapur karang dan kangung kaombakan dipakai untuk rakyat biasa.

Source http://khairunnas.com/ http://khairunnas.com/cara-membuat-batik-jumput/
Comments
Loading...