Upaya Pelestarian, SMK Batik Di Pekalongan Direvitalisasi

0 10

Upaya Pelestarian, SMK Batik Di Pekalongan Direvitalisasi

Mendikbud, Muhadjir Effendy, mengatakan pemerintah saat ini sedang merevitalisasi SMK jurusan batik di Pekalongan. Dengan memasukkan batik dalam pengajaran maka diharapkan batik akan terus bertahan. Revitalisasi tersebut dilakukan untuk memadukan batik dengan teknologi dalam media pengajaran.

“Di sektor pendidikan kita akan merevitalisasi SMK jurusan batik yang ada di Pekalongan. Ini sedang kita ambil tindakan. Sudah jalan ini,” kata Muhadjir usai membuka Jogja International Batik Bienalle (JIBB) 2018 di Pagelaran Keraton Yogyakarta.

Muhadjir menjelaskan, tidak hanya bangunan SMK Batik di Pekalongan saja yang akan direvitalisasi. Namun pihaknya juga akan berupaya memanfaatkan teknologi informasi yang sedang berkembang dengan kesenian batik.

“Dalam batik ini mau tidak mau juga harus ada teknologi yang masuk di dalamnya. Dengan begitu maka batik ini akan terus bertahan,” ujar Muhadjir.

Dia mengakui bahwa seni membatik maupun kain batik identik dengan kalangan tertentu terutama generasi tua. Stigma inilah yang sedang diubah oleh kementerian yang dipimpinnya.

“Batik yang selama ini dikonotasikan klasik, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melakukan. Sekarang kita upayakan itu semua orang terutama generasi muda agar mulai (menyintai) batik,” pungkas dia.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4240852/upaya-pelestarian-smk-batik-di-pekalongan-direvitalisasi
Comments
Loading...