Upaya Pelestarian Motif Batik Batang

0 173

Upaya Pelestarian Motif Batik Batang

Batik Batang perlu dilestarikan karena merupakan peninggalan nenek moyang kita, agar budaya kita tidak diakui oleh negara lain. Setiap tempat atau daerah memang memiliki jenis motif batik yang berbeda-beda dengan ini kita jadi memiliki aneka ragam jenis batik, agar anak cucu kita tidak meninggalkan dan lebih mencintai batik kita harus mengajari mereka bagaimana indahnya bentuk seni batik yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan bisa menambah ragam budaya Indonesia, dan negara kita bisa terkenal dengan batiknya.

Pengusaha batik secara turun-temurun juga dapat melestarikan motif karena mereka bisa mengkombinasikan batik dari zaman dulu dan mengembangkan dengan teknik modern seperti menggambar menggunakan teknologi melalui komputer karena sekarang batik mengikuti perkembangan zaman lalu perkembangan batik dikembangkan dengan cara berdirinnya pabrik-pabrik batik.

Melestarikan motif batik dengan cara mengenalkan pada anak-anak maupun masyarakat yang belum mengetahui jenis-jenis motif batik. Dengan cara itu anak-anak maupun masyarakat dapat mempelajari dan mengembangkan motif batik dan mengkreasikan motif-motif yang akan diciptakan sehingga motif batik dapat berkembang dengan memodifikasi antara motif batik zaman dulu dengan motif batik modern, jadi perpaduan dapat memunculkan motif-motif terbaru.

Menurut Ibu Miftak hutin mengutarakan bahwa batik apabila tidak dilestarikan bisa punah dan hilang karena tanpa mengajari pada anak-anak atau penerus maka mereka tidak akan tahu tentang batik karena saya sebagai guru juga tahu bagaimana perkembangan anak-anak zaman sekarang yang sudah mengenal alat-alat yang sudah modern bisa membuat mereka malas belajar cara pembuatan batik yang dengan cara tradisional.

Source Upaya Pelestarian Motif Batik Batang Batik
Comments
Loading...