Upaya Pelestarian Batik Kebumen

0 48

Upaya Pelestarian Batik Kebumen

Batik Kebumen berbeda dengan batik yang ada di daerah lain dengan masing-masing memiliki latar dan pengaruh dari berbagai unsur, sehingga batik dapat berkembang sebagai sebuah simbol budaya, adat istiadat dan spiritual. Batik Kebumen lebih berkembang sebagai murni seni batik yang menekankan pada nilai artistik bukan pada nilai filosofi yang bermakna nilai moral dan harapan-harapan. Sehingga justru menunjukkan keunikannya sendiri.

Kegiatan membatik yang ada di Kebumen mulai ditinggalkan seiring menurunnya minat masyarakat untuk membatik, kurangnya permodalan serta masyarakat menganggap tidak prospeknya usaha membatik, membatik memerlukan ketekunan dan menyita banyak waktu, namun keuntungan yang dihasilkan tidak sebanding dengan tenaga dan waktu yang dibuang.

Upaya Pemkab setempat dalam mengembangkan industri kreatif batik belum menjadi prioritas. Meski bukan merupakan prioritas, namun bisa dikatakan bahwa perhatian Pemerintah Kabupaten Kebumen terhadap keberadaan industri batik ini sangat besar. Beberapa tindakan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kebumen antara lain Inventarisasi jumlah perajin, inventarisasi jumlah dan jenis Motif Batik Kebumen. Sosialisasi produk, memperkenalkan produk batik Kebumen kepada masyarakat Kebumen maupun masyarakat luar. Pelatihan pengembangan keterampilan, pendaftaran HKI atas beberapa Motif Batik Kebumen.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-kebumen/
Comments
Loading...