Upaya Pelestarian Batik Gedog

0 400

Upaya Pelestarian Batik Gedog

Mbok Tini, Kartini dan Likah merupakan pengrajin batik yang dipekerjakan Nanik Nandiana Ningsih yang pengusaha Batik Gedog khas Tuban dari Desa Kajoran, Kecamatan Kerek. Ninik adalah satu dari sekian banyak pengusaha batik yang berupaya menjaga nilai tradisional pembuatan Batik Gedog, tanpa mengubah sedikitpun dari proses pembuatan dan bahan dasar yang digunakannya.

Bahan dasar kain Batik Gedog berasal dari kapas yang dipintal dan ditenun. Kapas tersebut diambil dari hasil alam desa sekitar. Begitu pula dalam hal pewarnaan, juga berasal dari dedaunan yang dicampur dan diolah, seperti daun tom, daun mangga, dan daun jambu menter. Bukan hanya dari bahan dan pewarnaan, dari sisi motif, Nanik juga berupaya menjaga keaslian Batik Gedog. Motif Ganggeng dan Prompol adalah dua di antara sejumlah motif yang masih dipertahankan.

Motif-motif baru yang dibuat Ninik lebih banyak terinspirasi dari konsep perpaduan dari berbagai motif batik tanah air. Hanya dari sisi sakral dalam perbuatannya saja. Pada zaman dahulu para pembuat Batik Gedog melakukan prosesi tirakat sebelum membuat, karena itu banyak cerita bahwa batik Gedog berkhasiat bisa menyembuhkan penyakit jika dipakai.  Karena masih kuat mengandung nilai-nilai tradisional itulah, harga jual Batik Gedog relatif mahal. Satu unit kain batik Gedog ukuran 2×1 meter atau 3 meter x 90 centimeter bisa mencapai Rp 10 juta.

Source Upaya Pelestarian Batik Gedog Batik
Comments
Loading...