Upaya Batik Banyumasan Mendunia

0 7

Upaya Batik Banyumasan Mendunia

Bupati Banyumas, Achmad Husein menuturkan, kirab batik ini bertujuan untuk mengenalkan jenis batik, tipe, dan corak batik yang ada di Banyumas kepada masyarakat. Harapannya, masyarakat Banyumas bangga dan mencintai batiknya sendiri.

Motif batik Banyumas sangat banyak dan khas. Diantaranya batik motif Jahe Sarimpang, Lumbon, Pring Sedapur, dan Parang rusak. Tak sekadar mengagungkan keindahan, tiap motif batik Banyumas memiliki filosofi. Ada cerita dan makna di balik tiap corak batik Banyumas. Misalnya batik Lumbon, Lumbon dari lumbu (daun talas) tapi punya filosofi. Kalau lumbu kena air bisa loncat.

Husein menegaskan, telah meluncurkan program dan untuk penguatan, pengembangan, dan pemberdayaan usaha Industri Kecil Menengah (IKM) kerajinan dan batik. Program ini masuk sebagai salah satu program strategis pada Rencana Program Jangka Menengah daerah (RPJMD), khususnya di bidang ekonomi kerakyatan.

Keseriusan Pemkab Banyumas di bidang ekonomi kerakyatan ini berlanjut dengan menempatkannya sebagai salah satu ‘Hasta krida’ RPJMD tahun 2018-2023, yaitu krida ke-7. Husein juga mengajak seluruh wong Banyumas untuk menyosialisasikan, mem-publish, memposting bahkan mem-viral-kan batik Banyumasan. Melalui berbagai media sosial. Harapannya, batik banyumasan semakin dikenal luas dan mendunia.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/regional/read/3657918/gemulai-model-cantik-berbusana-batik-pukau-warga-banyumas?source=search
Comments
Loading...