infobatik.id

Unsur-unsur Yang Terdapat Pada Batik Motif Sleman

0 38

Unsur-unsur Yang Terdapat Pada Batik Motif Sleman

Jika dilihat dari kesatuan antara susunan motif batiknya, batik motif Sleman termasuk dalam golongan motif semen yang tersusun dari tumbuhtumbuhan dan binatang berupa bentuk Gajah sebagai motif utamanya yang disusun dengan bentuk asimetris tetapi non geometris. Sehingga bentuk motif batik ini terkesan luwes, dalam arti bisa disusun dan digabungkan dengan bentuk-bentuk motif batik klasik yang lain. Dalam penelitian tentang analisis batik motif Sleman ini yang diteliti adalah makna simbolis batik motif Sleman. Pada batik motif Sleman ini terdapat beberapa unsur motif yang mengisi diantaranya adalah Motif utama, Motif pelengkap, Motif isen-isen.

Motif utama

Motif utama dalam batik Sleman yaitu binatang gajah, Penerapan motif sebagai ornamen pokok merupakan suatu corak dari batik sebagai pengisi bidang utama dan diseling dengan ornamen tambahan. Pada umumnya ornamen utama ini mempunyai arti dan mengandung kejiwaan dari batik. Sedangkan ornamen tambahan merupakan pengisi bidang sehingga ada keluwesan antara ornamen pokok dan pengisi bidang utama yang harmonis.

Motif pelengkap

Motif pelengkap yang terdapat pada batik sleman adalah keadaan alam sekitar misalnya bunga-bungaan, sulur-suluran, burung dan manusia yang merupakan pendukung motif utama yaitu motif binatang gajah. Motif pelengkap pada batik sleman ini adalah motif semen dan buketan. Susunan ornamen motif semen ini terdiri dari tumbuh-tumbuhan, burung, binatang, lar-laran (sayap) yang disusun dalam komposisi pembagian bidang yang harmonis. Motif semen ini dapat dibagi menurut golongannya: Motif semen yang tersusun dari tumbuh-tumbuhan, motif semen yang tersusun dari tumbuh-tumbuhan dan binatang, motif semen yang tersusun dari gabungan antara tumbuh-tumbuhan, binatang dan lar-laran (sayap burung). Golongan motif buketan atau terang bulan susunan ornamen ini adalah motif bunga, dan tersusun seikat yang penempatannya tidak simetris dalam bidang lain.

Motif isen-isen
  • Titik

Titik dalam bahasa Indonesia disebut noktah, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dot, point, period. Titik merupakan salah satu unsur visual paling kecil dibanding dengan unsur lain. Karena lembutnya dan relatif maka jika titik diletakkan pada bidang kecil titik tersebut akan kelihatan besar. Namun apabila titik tersebut diletakkan pada bidang besar maka akan kelihatan kecil. Titik termasuk sesuatu yang mempunyai dua dimensi (bila pipih/tipis) namun jika yang dikatakan titik itu seperti bola kecil termasuk tiga dimensi, contohnya gotri, pasir dsb. Disamping itu titik tidak mempunyai arah dan panjang namun bisa mempunyai bentuk bulat, oval, segitiga, meruncing dan sebagainya.

  • Garis

Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah, garis juga mempunyai sifat-sifat : pendek, panjang, vertikal, horizontal, diagonal, lurus, melengkung dan setereusnya. Garis merupakan unsur yang sangat penting dalam seni rupa dan garis hanya bisa disejajarkan dengan warna.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...