Unsur Seni Rupa dalam Batik

0 2.524

Unsur Seni Rupa dalam Batik

Teknik pembuatan batik terletak pada corak ragam hiasannya. Batik dibuat satu persatu. Oleh karena itu, satu bataikdengan batik yang lain selalu memililki perbedaan. Perbedaan itu terdapat dalam mitifnya. Motif batik termasuk dalam seni rupa dua dimensi. Unsur-unsur seni rupa dalam motif batik berdiri sendiri. Akan tetapi, unsur-unsur tersebut saling mendukung. Pada dasarnya, motif batik merupakan susunan unsur-unsur seni rupa yanng salilng mendukkung. Unsur-unsur seni rupa dalam motif batik, antara lain titik, bidang, garis dan warna.

  • Titik

Titik merupakan unsur seni rupa paling kecil. Dalam seni rupa dua dimensi, semua bereawal dari titik. Jika dari sebuah titik ditarik akan menjadi garis. Demikian pula jika titik dijajar rapat akan menghasilkan garis. Di dalam motif batik, titik menduduki peran yang penting. Titik banyak digunakan dalam pembuatan motif batik. Contohnya : unsur titik  dalam Motif Parang, unsur titik dalam Motif Kawung, dan unsur titik dalam Motif Ceplok

  • Garis

Garis terbentuk karena sebuah titik yang ditarik atau barisan titik yang saling berimpit-impit. Ada beberapa jenis garis dalam seni rupa, antara lain garis lurus, garis lengkung, garis zig-zak, dan gairs patah-patah. Dalam sebuah motif batik, selalu terbentuk gabungan dari bermacam-macam garis diatas.

  • Bidang

Garis-garis yang kedua ujungnya saling bertemu akan membentuk bidang. Bidang mempunyai berbagai bentuk, misalnya segi tiga, segi empat, dan segi lima. Pada sebuah motif biasanya terdiri atas berbagai bentuk bidang sehingga akan terlihat menarik.

  • Warna

Unsur seni rupa yang juga penting dalam motif batik adalah warna. Warna dapat memperindah batik. Zat pewarna batik terbuat dari bahan alam maupun bahan sintetis (buatan). Warna alam terbuat dari daun-daunan, umbi, akar, kulit kayu. Contoh warna alam diantaranya adalah : kulit kayu mahoni, jelawe, secang, tegeran, kayu nangka, hingga bahan jamu, pohon nila, dan daun tom

Source Unsur Seni Rupa dalam Batik Batik Unsur
Comments
Loading...