infobatik.id

Unsur Motif Sawat Pada Batik Sawat Riwog

0 34

Unsur Motif Sawat Pada Batik Sawat Riwog

Sawat riwog berasal dari dua kata yaitu sawat yang berarti kupu-kupu, dan riwog yang berarti bulu lengkap dengan kepompong. Motif Batik Sawat Riwog menggambarkan keanekaragaman flora fauna laut seperti terumbu karang, teripang laut dan lain-lain. Maknanya menggambarkan keberagaman masyarakat Indramayu yang terdiri beraneka ragam suku keturunan seperti Arab, Cina, Melayu dan lain sebagainya.

Sawat merupakan unsur motif utama pada Batik Sawat Riwog ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sawat riwog diartikan sebagai kupu-kupu yang memiliki bulu lengkap beserta kepompongnya. Apabila diuraikan secara visual, bentuk sawat sebagai berikut, badan sawat berbentuk elips lengkap dengan riwog yang mengelilingi seluruh badan kepompongya.

Pada bagian dalamnya terdapat bentuk geometris, yaitu perpaduan dari bentuk segitiga sama sisi yang disusun menjadi satu sehingga membentuk bentuk belah ketupat. Selain itu terdapat Isen-isen tambahan yang melengkapi unsur motif sawat pada batik sawat riwog ini yaitu isen-isen cecek dan sawut, yang menghiasi bagian dalam badan sawatnya.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...