infobatik.id

Unsur Motif Rumput Laut Pada Batik Iwak Etong

0 43

Unsur Motif Rumput Laut Pada Batik Iwak Etong

Indramayu merupakan daerah pesisir pantai yang kaya akan hasil laut seperti biota-biota laut yang terdapat di dalamnya. Rumput laut merupakan salah satu contoh hasil kekayaan laut tersebut, yang dijadikan obyek tambahan pada motif Batik iwak etong. Tidak jauh berbeda dengan unsur motif lainnya yang sudah mengalami stilasi.

Secara visual rumput laut dibatik iwak etong ini juga sudah mengalami stilasi dari bentuk aslinya, yaitu terbentuk dari garis lengkung dan ririan, serta terdapat isen-isen sawut dan cecek yang mengisi seluruh bagian motif rumput laut ini. Motif rumput laut sebagai unsur motif tambahan pada batik iwak etong, tidak memiliki makna yang terkandung di dalamnya, pengrajin membuat unsur motif rumput laut ini dengan tujuan sebagai hiasan tambahan dan memberikan nilai estetis.

 

Bentuk iwak etong yang cukup besar merupakan ornamen utama pada batik iwak etong, yaitu ragam hias yang menjadi motif utama dari keseluruhan motif batik yang mengisi bidang kain (badan kain), sehingga ragam hias yang menjadi motif utamalah yang dijadikan sebagai nama kain batiknya, berdasarkan pernyataan tersebut sehingga nama kain batik ini diberi nama Batik Iwak Etong.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...