Unsur Motif Kepiting Pada Batik Iwak Etong

0 75

Unsur Motif Kepiting Pada Batik Iwak Etong

Batik Iwak Etong merupakan salah satu batik yang terdapat di sentra Batik Paoman. Nama batik iwak etong ini diilhami dari letak geografis Indramayu sebagai wilayah yang berpotensi penghasil biota laut dan salah satunya adalah iwak etong. Kepiting dibatik iwak etong ini merupakan unsur tambahan berikutnya setelah ikan.

Motif Kepiting ini diilhami dari lingkungan nelayan pada saat melaut menghasilkan kepiting yang kemudian dijadikan sebagai obyek pembuatan Motif Batik Paoman. Bentuk kepiting dibatik iwak etong ini secara visual sangat jauh berbeda dari bentuk aslinya, karena sudah mengalami stilasi atau dengan kata lain sudah menagalami perubahan-perubahan bentuk. Seperti pada capitnya, berbentuk seperti rantai dan jangkar yang biasa digunakan para nelayan Indramayu pada saat melaut menggunakan kapal besar.

Selain capitnya, perubahan tersebut bisa dilihat pada badan kepiting yang dipenuhi isen-isen cecek dan garis pendek yang saling bersilangan. Terakhir, perubahan tersebut terdapat pada seluruh badan kepiting yang dilengkapi dengan gerigi-gerigi tajam, bentuk ini merupakan ciri khas motif Batik Paoman yang terbentuk dari garis lengkung dan ririan.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...