Unsur Motif Iwak Etong Pada Batik Iwak Etong

0 63

Unsur Motif Iwak Etong Pada Batik Iwak Etong

Wilayah Indramayu merupakan wilayah berpotensi dalam sektor perikanan dan kelautannya, dan iwak etong atau udang adalah salah satu biota laut yang dihasilkan di wilayah ini. Secara visual kemudian diuraikan sebagai berikut, iwak etong ini memiliki ciri yang berbeda dengan bentuk aslinya. Pada bagian-bagian tertentu sudah mengalami stilasi, sehingga bentuknya tidak sesuai degan bentuk aslinya.

Iwak etong pada Batik Iwak Etong ini sangat detail dan sangat rumit terhadap pemberian tambahan isen-isennya, yaitu isen-isen sawut dan cecek menghiasi seluruh badan iwak etong. Ciri yang menonjol pada Motif Batik Paoman terlihat pada motif iwak etong ini, yaitu terdapat garis yang melengkung dan meruncing (ririan) pada seluruh badan, dari kepala sampai ekor iwak etong.

Bentuk iwak etong yang cukup besar merupakan ornamen utama pada batik iwak etong, yaitu ragam hias yang menjadi motif utama dari keseluruhan motif batik yang mengisi bidang kain (badan kain), sehingga ragam hias yang menjadi motif utamalah yang dijadikan sebagai nama kain batiknya.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...