infobatik.id

Unsur Motif Ikan Pada Batik Iwak Etong

0 49

Unsur Motif Ikan Pada Batik Iwak Etong

Batik Iwak Etong merupakan salah satu batik yang terdapat di sentra Batik Paoman. Nama batik iwak etong ini diilhami dari letak geografis Indramayu sebagai wilayah yang berpotensi penghasil biota laut dan salah satunya adalah iwak etong. Iwak etong atau masyarakat Indramayu biasa menyebutnya dengan sebutan urang platok (udang platok).

Ikan yang terdapat pada batik iwak etong ini juga merupakan gambaran wilayah Indramayu sebagai wilayah berpotensi penghasil ikan, yang kemudian dijadikan sebagai obyek pembuatan motif Batik Paoman. Ikan pada batik iwak etong ini mengalami perubahan-perubahan bentuk yang biasa disebut dengan stilasi. Motif ikan tersebut tidak sesuai dengan bentuk aslinya.

Bentuk sirip ikan yang dibuat meruncing (ririan) merupakan gambaran karakteristik Motif Batik Paoman yaitu motif terbentuk dari garis lengkung dan garis yang meruncing (ririan). Penambahan isen-isen sawut dan cecek memberikan kesan berbeda dengan bentuk asli dari ikan tersebut. Isen-isen sawut dan cecek mengisi seluruh badan ikan, yaitu terdapat pada kepala, sirip, badan dan ekornya.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...