infobatik.id

Unsur Motif Crepung Pada Batik Sawat Riwog

0 21

Unsur Motif Crepung Pada Batik Sawat Riwog

Unsur motif tambahan yang terakhir yaitu crepung. Crepung adalah lintah laut. Lintah laut ini merupakan salah satu binatang biota laut yang ada di laut Indramayu. Bentuk crepung hampir mirip dengan irisan buah semangka. Bentuk crepung yang menggelembung menggambarkan bahwa crepung sebagai binatang penghisap darah, dan pada saat menggelembung menandakan bahwa crepung habis menghisap darah.

Bentuk crepung digambarkan lengkap dengan riwog atau bulu-bulu yang menghiasi seluruh badan crepung. Riwog ini terbentuk dari bentuk garis lurus yang memenuhi badan crepung bagian samping. Sedangkan pada bagian dalam tubuh crepung terdapat isen-isen yaitu isen-isen sawut dan cecek.

Pada Batik Sawat Riwog terdapat beberapa unsur motif pendukung yang disusun secara berulang-ulang, serta tambahan isen-isen yang mengisi seluruh bidang kain. Secara visual penerapan komposisi motif hampir seimbang dengan motif-motif pendukung lainnya, dengan uraian sebagai berikut. Motif ubur-ubur memiliki ukuran panjang dan lebar yaitu 4 cm x 4 cm, sedangkan pada motif bintang laut dengan ukuran 6 cm x 6 cm, selain itu motif sawat memliki ukuran 6 cm x 4 cm, dan yang terakhir yaitu motif crepung memiliki ukuran 5 cm x 3 cm.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...