Unsur Motif Burung Pada Batik Sekar Niem

0 35

Unsur Motif Burung Pada Batik Sekar Niem

Unsur motif tambahan pada Batik Sekar Niem ini yaitu burung. Pengrajin batik menambahkan unsur motif burung pada Batik Sekar Niem, dikarenakan letak geografis Indramayu selain berada dipesisir pantai, juga terdapat sawah dan rawarawa yang membentang luas wilayah ini. Dengan demikian terdapat banyak burung di wilayah Indramayu. Burung sebagai unsur tambahan difungsikan hanya sebagai pemanis motif saja, tanpa ada makna filosofis yang terkandung di dalamnya.

Secara visual bentuk burung akan diuraikan sebagai berikut, burung pada batik sekar niem memiliki satu sayap dan ekor yang terbentuk dari garis lengkung yang meruncing. Pada bagian badan burung terdapat isen-isen cecek, yang mengisi seluruh badan burung. Penerapan motif pada Batik Paoman selalu memenuhi seluruh bidang kain atau dengan kata lain penerapan motif pada Batik Paoman selalu ramai. Pada Batik Sekar Niem ini penerapan motifnya tidak jauh berbeda dengan Batik Iwak Etong, yaitu secara visual memiliki komposisi yang hampir sama dengan unsur motif lainnya.

Bunga sekar niem sebagai nama batiknya memang tidak memiliki ukuran yang menonjol dibandingkan dengan motif burung, tetapi seluruh badan kain didominasi oleh motif bunga sekar niem sehingga nama batiknya diberi nama Batik Sekar Niem. Ukuran pada setiap motif bunga sekar niem pada batik sekar niem ini tidak sama satu sama lain, akan tetapi ukuran yang dominan pada setiap motif bunga sekar niem yaitu berukuran 4 cm x 4 cm, sedangkan motif burung memiliki ukuran panjang dan lebar 6 cm x 2 cm.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...