infobatik.id

Unsur Motif Buaya Pada Batik Iwak Etong

0 38

Unsur Motif Buaya Pada Batik Iwak Etong

Unsur motif buaya merupakan unsur motif tambahan pada Batik Iwak Etong. Buaya merupakan binatang berkaki empat yang hidup di rawa-rawa di daerah Indramayu, dan para pengrajin menjadikan buaya ini sebagai obyek pembuatan motif Batik Paoman. Hasil imajinasi pengrajin batik ini menggambarkan bentuk buaya tidak terlihat ganas seperti pada bentuk aslinya.

Secara visual kemudian diuraikan sebagai berikut, kaki buaya yang digambarkan sangat pendek membuat buaya ini tidak terlihat ganas, selain itu pada badan buaya terdapat isen-isen gringsing, yaitu terbentuk dari garis lengkung yang saling menumpuk, kemudian masing-masing di dalamnya terdapat isen-isen yaitu isen sawut, dan kepala buaya sudah mengalami stilasi sehingga jauh berbeda dengan bentuk aslinya.

Motif Iwak Etong pada batik iwak etong ini memiliki ukuran panjang dan lebar 11 cm x 3 cm, dari panjang sungut sampai ekor. Sedangkan pada motif ikan memiliki ukuran 8 cm x 4,5 cm, kemudian pada motif buaya memiliki ukuran 7,5 cm x 5,5 cm, dan pada motif rumput laut memiliki panjang 7 cm sampai 9 cm. Dari uraian tersebut terlihat jelas bahwa motif iwak etonglah, yang memiliki ukuran paling besar dan paling menonjol dibandingkan dengan motif-motif lainnya.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...