infobatik.id

Unsur Motif Bintang Laut Pada Batik Sawat Riwog

0 25

Unsur Motif Bintang Laut Pada Batik Sawat Riwog

Motif Batik Sawat Riwog menggambarkan keanekaragaman flora fauna laut seperti terumbu karang, teripang laut dan lain-lain. Unsur Motif Bintang laut pada Batik Sawat Riwog ini merupakan unsur motif tambahan selain ubur-ubur. Sama halnya dengan motif ubur-ubur, pada motif bintang laut ini diilhami dari letak geografis Indramayu sebagai wilayah berpotensi penghasil biota laut dan kemudian dijadikan obyek oleh pengrajin sebagai pembuatan motif batik sawat riwog ini.

Unsur motif bintang laut ini memiliki ciri yang berbeda dengan bentuk aslinya, pada bagian-bagian tertentu mengalami perubahan- perubahan atau dengan kata lain unsur motif bintang laut ini sudah distilasi.

Hampir sama dengan unsur motif ubur-ubur, pada unsur motif bintang laut ini juga terdapat bentuk isen-isen sawut yang pendek dan kaku (riwog) yang memenuhi seluruh badan bintang laut. Sedangkan pada bagian dalam badan bintang laut terdapat isen-isen sawut, isen-isen ini difungsikan untuk memperindah dan mempertegas unsur motif bintang laut tersebut.

Source http://eprints.uny.ac.id/23080/1/Tity%20Sari%20Handayani%2008207241005.pdf
Comments
Loading...